Rabu, 07 Desember 2016

Pentingnya Cek Mutasi Bank, Sebelum Barang Dikirim

Sebagai penjual online, saya pun sering belanja online. Dan kalau saya perhatikan, tak jarang penjual online itu males ngecek mutasi rekening sebelum barang dikirim. Menurut saya mengecek mutasi rekening itu penting. Kenapa? Berdasar pengalaman selama ini, ada beberapa peristiwa di balik layar yang bisa jadi pelajaran:

1. Beberapa tahun yang lalu, ada customer saya yang memang sering belanja memberi tahu bahwa dia sudah akan transfer, posisi dia ketika itu sedang antri di ATM. Dan mohon barang dikirim sore itu juga. Karena memang waktu pengiriman sudah mepet, maka saya minta asisten toko untuk menyertakan paket beliau di pengiriman hari itu. Dan ternyata sampai malam transfer beliau belum masuk jg. Saya lupa apa jawab beliau pas saya kroscek. Malem2 saya telpon jne pusat bogor, agar paket dgn resi sekian dicancel aja. Alhamdulillah bisa, dan saya harus ke jne pusat untuk mengambil kembali paket itu. Akhirnya beliau saya delcont dari kontak BBM dan FB.

2. Beberapa kali ada kejadian kelebihan transfer, misal yang harusnya transfer 300rb keliru pencet jadi 3jt, yang harusnya 175rb kelebihan nol jadi 1.750.000. Beberapa kali kejadian seperti itu. Ada juga yang harusnya transfer ke olshop lain, malah transfernya ke rekening saya...ya salam, ajiib... Dan ketika saya dikonfirmasi, dengan senang hati uang2 itu saya transferkan kembali.


3. Ada juga yang harusnya transfer 1.101.500, eh yang masuk cuma 1.500 doang. Dan ini nyata...tapi saya gak bersuudzon, mungkin beliau kurang mencet angkanya atau mungkin pas transfer lagi galau. Ketika dikonfirmasi ke beliau,...akhirnya mereka transfer ulang.


4. Ada yang bilang sudah transfer, tapi saya cek mutasi ga ada yang masuk. Akhirnya saya minta print out ke bank. Dari hasil print out, ternyata ada kegagalan transaksi, jadi memang uangnya belum masuk ke rekening saya. Dan beliau bersedia mentransfer ulang. 


5. Seingat saya, selama 5 tahun jualan online hanya sekali saya kecolongan senilai Rp 300rb. Ceritanya, konsumen itu bilang sudah transfer antar bank, dan ketika itu, saya lagi ga bisa cek internet banking, akhirnya dengan berprasangka baik bahwa beliau beneran sudah transfer, kami kirim paket itu. Dan ternyata sampai beberapa hari, uang senilai itu gak masuk-masuk juga di rekening saya. Dan... aku tertipu olehmu 😀

 
6. Ada yang kirim bukti transfer palsu, karena fotonya terasa aneh, dan benar juga memang gak ada uang masuk sesuai jumlah yang ditransfer menurut pengakuan, setelah saya cek via internet banking. Bahkan saya akhirnya didelcont dari kontak bbm nya.


7. Mungkin masih ada contoh lainnya :)


Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nostalgia Masa Kecil Anak-Anak Tahun 80-an

google.com Hai Mak, adakah yang   masa kecilnya di era tahun 80-an?   Toss, ah! Usianya berarti hampir sama dengan saya dong ya? Cer...