Rabu, 17 Juli 2019

Inilah 5 Menu Sarapan Paling Populer di Indonesia

Menurut para ahli, kebiasaan sarapan alias makan pagi, sangat baik bagi kesehatan. Makan pagi ini berguna sebagai bekal energi untuk melaksanakan berbagai aktivitas hingga siang hari. Menu sarapan yang baik yang mengandung karbohidrat, karena karbohidrat dipercaya sebagai sumber energi yang paling baik. 


Banyak orang yang tak mau repot di pagi hari untuk menyiapkan makan pagi. Sarapan di luar rumah, lebih praktis dan menunya lebih menarik.  
Nah, berikut ini menu sarapan pagi yang populer di Indonesia:

1. Nasi Kuning

sarapan favorit orang Indonesia
pixabay.com

Disebut nasi kuning, karena memang penampakannya nasinya berwarna kuning. Warna kuning ini didapat dari air parutan kunyit. Pelengkap nasi kuning ini biasanya berupa suwiran telur dadar, kering tempe, irisan ketimun dan tomat, tak lupa taburan bawang goreng, serta kerupuk. Namun, tak menutup kemungkinan ada tambahan lauk pauk lainnya.

2. Nasi Uduk

Menu sarapan favorit orang indonesia
pixabay.com

Nasi uduk ini proses pembuatannya hampir menyerupai nasi kuning. Sehingga, warna nasi uduk tetap putih. Topping nasi uduk juga mirip dengan nasi kuning. Sebagaimana rasa nasi kuning yang gurih, rasa nasi uduk pun demikian, karena memang cara membuatnya sama-sama menggunakan rempah-rempah dan santan. 



3. Nasi Goreng

sarapan favorit orang Indonesia
pixabay.com

Nasi goreng ini, biasanya adalah favorit para ibu saat menyiapkan sarapan pagi. Cara membuatnya memang praktis dan  bahan-bahannya biasanya juga hanya memanfaatkan yang ada di dapur. Sebagai teman makan, biasanya ada telur dadar atau ceplok, serta kerupuk.  

Nasi goreng ini memang bisa disebut menu sarapan ala Indonesia banget, karena memang cuma ada di Indonesia.

4. Lontong Sayur

sarapan favorit orang Indonesia

Lontong sayur punya aneka varian di beberapa daerah di Indonesia. Ada lontong sayur Padang, Lontong sayur Medan, lontong opor, dan yang lainnya. Ada pula yang menyajikannya dalam bentuk ketupat, yang disebut dengan ketupat sayur.

Akan tetapi, pada dasarnya komposisi utamanya sama saja, yaitu lontong atau ketupat yang diguyur dengan kuah sayur bersantan. Untuk pilihan lauknya, bisa ayam, telur, tahu, tempe, dan kerupuk. 

Lontong sayur ini mungkin menu sarapan khas Indonesia, yang tidak dipunyai oleh negara lain. Bangga jadi orang Indonesia. :D

5. Bubur Ayam

sarapan favorit orang Indonesia

Bubur ayam memang enak dan cocok untuk dimakan pagi-pagi. Porsinya terkadang enggak terlalu banyak, tapi cukup mengenyangkan menjadi favorit banyak orang untuk sarapan. Pelengkap bubur ayam ini, biasanya berupa suwiran daging ayam, irisan cakwe, taburan bawang goreng, taburan daun bawang dan seledri yang dicincang, kedelai goreng, dan kerupuk. Tak jarang, penjualnya juga menyediakan aneka lauk tambahan yang menggugah selera, seperti sate usus, sate telur puyuh, dan lain-lain.

Itulah 5 menu sarapan paling favorit di Indonesia, yang dirangkum dari beberapa sumber. Tentu saja setiap daerah mungkin punya menu khas sarapan masing-masing. Heeemmm yummi ... Mari sarapan!
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Tips Jitu Mengatasi Mabuk Kendaraan Ala Saya

Sumber: Google Mabuk saat naik kendaraan umum, dulu sering saya rasakan. Terutama saat awal-awal harus kost di SMA, yang jauh dari or...