Minggu, 28 Juni 2020

Menikah Tanpa Pacaran

Bisakah menikah tanpa pacaran? Jika pertanyaan ini diajukan sekitar 20 tahun yang lalu, pasti banyak yang menjawab: "Mana mungkin?" Sebagaimana yang pernah saya alami saat menikah di tahun 1998. Kami memilih menikah tanpa berpacaran terlebih dahulu dan pilihan itu masih sangat asing di telinga masyarakat.

Namun, situasi saat ini sudah berubah. Banyak kawula muda yang sudah punya prinsip tak akan pacaran sebelum menikah alias pacarannya setelah sah menjadi sepasang suami istri. Bahkan, para selebriti tanah air pun sudah banyak yang punya pemahaman seperti ini. Walaupun mungkin dalam prakteknya, entahlah. Apakah benar sebelum menikah mereka tak berpacaran sama sekali atau tak pernah janjian ketemuan atau pergi berdua? Wallahu a'lamu bish-shawab. 

Lalu bagaimana Islam mengatur hubungan sebelum pernikahan ini? Apa yang harus dilakukan saat jatuh cinta?

Saat Cinta Datang Menyapa

Cinta dan jatuh cinta adalah fitrah manusia. Allah karuniakan rasa cinta pada pria dan wanita. Dengan cinta inilah keberlangsungan manusia bisa terjaga. Namun, Islam mengatur bagaimana fitrah ini bisa tersalurkan secara syar'i. Bukan dengan cara pacaran sebelum menikah.

Lalu, bagaimana saat seseorang sedang jatuh cinta?

Rasa cinta yang terkadang datang tanpa permisi sungguh menyiksa. Sebuah hadits pun mengatakan demikian:

"Kecintaan kepada sesuatu bisa membuat buta dan tuli." (Hadits dhaif, tapi sahih marfu' dari Abi Ad Darda radhiallahu anhu, yang berarti ini merupakan perkataan Abu Darda)

Jadi, ungkapan bahwa cinta itu buta pun memang benar adanya.

Solusi saat rasa cinta ini menyapa dan bergelora di dada adalah segera menikah. Jika Anda laki-laki dan yakin bahwa dia adalah wanita yang pantas untuk dijadikan calon pendamping, segera temui walinya, pinang dan segera menikah.

Terus, kalau ternyata belum siap menikah, apa solusinya?

1. Lupakan 

Segera lupakan dia. Yakinlah bahwa jodoh tak akan ke mana. Akan selalu ada jalan jodoh untuk bertemu. Ingat janji Allah bahwa pria yang baik untuk wanita yang baik dan sebaliknya. Fokuslah untuk memperbaiki kualitas diri karena jodoh kita adalah cerminan diri sendiri.

2. Jaga Pandangan

"Katakanlah kepada orang-orang yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandangannya." (An-Nur: 30)

Salah satu resep untuk tak mudah jatuh cinta adalah dengan menjaga pandangan. Ingatkan dengan sebuah ungkapan populer dari masa ke masa? "Dari mana datangnya cinta? Dari mata turun ke hati"
Untuk itu jaga pandangan mata untuk hal-hal yang belum halal untuk kita.

3. Perbanyak Puasa

Puasa adalah perisai bagi seorang muslim. Sebagaimana sebuah hadits: "Puasa adalah perisai." (HR. Bukhari Muslim)
Maksud adri hadits di atas bahwa puasa akan menjadi pelindung di dunia dan akhirat. Manfaat puasa di dunia adalah melindungi kita dari godaan-godaan syahwat. Di akhirat nanti puasa ini pun akan menjadi penghalang kita dari api neraka.

Semoga dengan memperbanyak puasa, kita senantiasa terhindar dari rasa cinta pada saat yang belum tepat.

4. Berdoa 

Jangan malas untuk selalu berdoa pada Allah agar diberi jalan yang terbaik. Selalu libatkan Allah dalam setiap urusan hidup. Berusaha, berdoa, lalu pasrahkan pada Allah.Tak ada doa yang sia-sia.

"Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat), melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: (1) Allah akan segera mengabulkan doanya, (2) Allah akan menyimpannya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkannya dari kejelekan yang semisal." Para sahabat lalu berkata, " Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa. " Lalu Nabi shalallahu 'alaihi wassalam berkata, "Allah nanti akan lebih banyak mengabulkan doa-doa kalian. (HR. Ahmad, sanadnya jayyid)


Ternyata memang Islam itu agama yang penuh solusi ya ... Masya Allah. Semoga semua yang sedang menanti jodoh, dimudahkan prosesnya. Aamiin


Foto: Shutterstock.com



Referensi:





2 komentar:

  1. Toss kita ya Mba Anita... hihi.. saya dan suami juga menikah tanpa pacaran, proses sebulan jadi Alhamdulillah kini jelang 16 tahun pernikahan. Pacaran setelah menikah insyaallah lebih nikmat hehe

    BalasHapus

Nikah Dulu, Baru Pacaran! 5 Tips Menumbuhkan Cinta Saat Memutuskan Menikah tanpa Pacaran

Alhamdulillah, saat ini pilihan untuk menikah tanpa pacaran terlebih dulu sudah bukan hal yang asing lagi di masyarakat. Terutama kaum muda ...