Rabu, 15 Juli 2020

Memahami Perbedaan Karakter Laki-Laki dan Perempuan

Salah satu resep rumah tangga yang langgeng dan bahagia adalah saling memahami pribadi masing-masing. Mengetahui karakter antara pria dan wanita itu penting. Meskipun setiap orang pasti akan punya karakter khas masing-masing. Tanpa memahami kepribadian pasangan, maka yang sering terjadi adalah kesalahpahaman, yang bisa berujung pada ketidakharmonisan hubungan dan memicu pertengkaran.

Pada dasarnya Allah ciptakan pria dan wanita itu memang berbeda untuk saling melengkapi. Meskipun tak jarang adanya perbedaan-perbedaan ini  karena sifat dasarnya yang memang bertolak belakang. Tujuan mengetahui perbedaan pria dan wanita adalah supaya bisa saling memaklumi.  Jadi semacam sunatullah bahwa di dunia ini akan selalu ada persamaan dan perbedaan. Sains telah membuktikan bahwa pria dan wanita mempunyai beberapa perbedaan biologis dan genetik yang cukup signifikan.

Dari beberapa artikel yang saya baca, memang ada beberapa perbedaan mendasar antara pria dan wanita, seperti berikut ini.


Cara Pandang yang Berbeda

Pada dasarnya pria dan wanita memiliki cara pandang yang berbeda. Wanita selalu lebih cepat berekspresi atas sebuah kejadian, dengan menangis, sedih, marah, kecewa, atau senang. Sedangkan pria lebih senang mencari solusi atas sebuah kejadian. Pria lebih suka membicarakan kejadian, sedangkan wanita lebih senang membicarakan siapa saja yang terlibat dalam kejadian tersebut. Pria biasanya tidak suka bercerita masalah-masalah pribadi.

Dalam memutuskan sesuatu pun, pria lebih mengutamakan rasio, sementara wanita biasanya lebih mendahulukan perasaannya. Allah memang sudah mentakdirkannya seperti itu. 

Tempat Menyimpan Lemak Berbeda

Wanita mempunyai tulang lebih besar dan lebar. Lemak pada wanita terletak di bagian punggung, sedangkan laki-laki di bagian perut.

Wanita Lebih Cerewet

Saat marah, perempuan lebih sering mengungkapkannya dengan cara mengomel. Kalau pria lebih memilih diam. Ketika sedang tertekan, wanita cenderung mengeluh dan mengomel sepanjang waktu untuk sekedar mengeluarkan tekanan dalam pikirannya. Namun, sebaliknya ketika pria sedang buntu pikirannya, mereka lebih suka diam menyendiri. Tak perlu berpikiran buruk, berikan saja waktu baginya untuk menenangkan diri.

Wanita Bisa Multitasking

Sebagaimana yang saya alami sendiri selama berumah tangga 22 tahun. Meskipun enggak terlalu terampil amat dalam mengatur rumah tangga, saya bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu. Misalnya, sambil mengasuh anak bisa sambil mencuci baju (pakai mesin cuci), menyapu lantai, menggoreng, dan yang lainnya. 

Kalau saya perhatikan, suami saya tak bisa mengerjakan seperti itu dalam satu waktu sekaligus. Awalnya sih saya pikir karena memang dia enggak terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, tapi setelah beberapa kali mendengar cerita yang sama dari teman-teman, ternyata memang begitu adanya. Perempuan diciptakan Allah multitasking. Ternyata memang otak pria hanya bisa fokus ke satu hal. Sedangkan koneksi-koneksi saraf pada otak wanita, membuatnya dapat melakukan banyak hal sekaligus pada waktu yang sama. 

Multitasking adalah dapat mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Sedangkan pria mengerjakan setiap pekerjaan mereka satu persatu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nikah Dulu, Baru Pacaran! 5 Tips Menumbuhkan Cinta Saat Memutuskan Menikah tanpa Pacaran

Alhamdulillah, saat ini pilihan untuk menikah tanpa pacaran terlebih dulu sudah bukan hal yang asing lagi di masyarakat. Terutama kaum muda ...